Penerapan Sistem Terdistribusi pada Bank

Penerapan Sistem Terdistribusi pada Bank

Dalam sebuah jaringan computer terdapat berbagai macam system, dari sekian banyak system ada sebuah system yang salah satu komponennya mampu melakukan koordinasi dan saling berkoordinasi. System tersebut dinamakan system terdistribusi. Secara normal, setiap sistem terdistribusi mengandalkan layanan yang disediakan oleh jaringan computer, Beberapa layanan pada jaringan komputer (seperti, name service) juga merupakan sistem terdistribusi, Sistem terdistribusi lebih banyak masalah yang dihadapi dibandingkan jaringan biasa. Proses terdistribusi dapat diaplikasikan pada berbagai ruang kerja ,sebagai contoh penerapan proses terdistribusi adalah system perbankan . Pada sebuah bank, pelayan nasabah yang menabung dilayani oleh teller. . Setiap kantor cabang memiliki pemrosesan data tersendiri. Namun, jika dilihat pada operasional seluruh bank bersangkutan, sistem pemrosesannya berupa sistem pemrosesan yang terdistribusi.

Tujuan utama system proses terdistribusi adalah menghubungkan pengguna computer dengan sumber daya yang transparan, terbuka dan memiliki skalabilitas.

Jadi dapat disimpulkan bahwa semua bank di Indonesia sudah menerapkan sistem terdistribusi, karena untuk jenis bank yang besar dan telah mempunyai nama misalkan saja Bank BRI, BCA, Mandiri, dll yang sejenisnya, tidak mungkin jikalau bank tersebut tidak mempunyai cabang Bank, karena untuk menarik nasabah agar berminat menabung di Bank tersebut pasti akan membuka cabang ditempat lain agar memperluas jangkauan dan memperbanyak nasabah, maka pada pusat bank tersebut harus menerapkan system terdistribusi ke cabang bank tersebut.

Lain halnya dengan bank kecil atau local, seperti Bank Pasar yang hanya mengelola uang nasabah yang berkecimpung dipasar tradisional atau orang-orang yang tinggal disekitar pasar tersebut, sehingga biasanya Bank tersebut melakukan kerja sama dengan bank lain, tetapi tidak mempunyai cabang bank didaerah lain. System yang ada dibank tersebut juga masih sangat tradisional dan sederhana.

Keuntungan sistem pemrosesan data terdistribusi adalah sebagai berikut :

1. Penghematan biaya

2. Peningkatan tanggung jawab terhadap pengeluaran biaya

3. Peningkatan kepuasan pemakai

4. Kemudahan pencadangan ketika terjadi musibah

Kerugian sistem pemrosesan data terdistribusi adalah sebagai berikut :

1. Memungkinkan kekacauan kontrol terhadap sistem komputer

2. Ketidaksesuaian dalam menyediakan perangkat lunak dan perangkat keras

3. Kemubaziran dalam tugas

4. Standarisasi bisa tidak tercapai

sumber :

http://www.slideshare.net/arfianti/proses-objek-dan-layanan-distribusi

http://condetcity.wordpress.com/2010/02/16/sistem-terdistribusi-dan-penerapannya/

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Perbedaan RMI dengan RPC

Ø RMI (Remote Methode Invocation)

RMI (Remote Methode Invocation) adalah salah satu bagian dari J2SE yang digunakan untuk membangun aplikasi terdistribusi menggunakan bahasa java.

RMI dapat juga disebut sebagai kumpulan kelas dalam java yang digunakan untuk menangani pemanggilan (invocation) methode/secara jarak jauh (remote) dalam suatu jaringan atau internet.

Gagasan tentang RMI muncul karena terkadang dibutuhkan mekanisme untuk memisahkan atau mendistribusikan aplikasi agar dapat diakses di jaringan. Skenario pada RMI adalah sisi server selalu standby dan di sisi client, diatur dengan periode waktu tertentu.

Cara Kerja RMI : Dalam model ini, sebuah proses memanggil method dari objek yang terletak pada suatu host/computer remote. Dalam paradigma ini, penyedia layanan mendaftarkan dirinya dengan server direktori pada jaringan. Proses yang menginginkan suatu layanan mengontak server direktori saat runtime, jika layanan tersedia, maka referensi ke layanan akan diberikan. Dengan menggunakan referensi ini, proses dapat berinteraksi dengan layanan tsb. Paradigma ini ekstensi penting dari paradigma RPC. Perbedaannya adalah objek yang memberikan layanan didaftarkan (diregister) ke suatu layanan direktori global, sehingga memungkinkan untuk ditemukan dan diakses oleh aplikasi Yang meminta layanan tersebut

Contoh aplikasi untuk meremote pada teknik RMI (Remote Method Invocation) menggunakan teamviewer untuk meremote computer lain.Teamviewer adalah suatu program yang cukup sederhana dan sangat mudah digunakan untuk beberapa keperluan terutama melakukan akses PC secara remote melalui internet.

Sebagai contoh.:

Pada paket Whiteboard, RMI digunakan untuk program-program Chat, Whiteboard dan Projector. Dalam program Chat, RMI digunakan untuk memasukkan input dari para pengguna, baik dosen maupun mahasiswa, ke komputer server. Setelah itu, server akan mengeluarkan output berupa hasil percakapan antar pengguna kepada semua komputer klien. Pada Whiteboard, penggunaan RMI terletak pada pengiriman graphics dan image antara komputer server dan klien. Sedangkan pada Projector, RMI digunakan agar dosen, sebagai klien, bisa mengatur indeks tampilan pada Projector yang berlangsung pada komputer mahasiswa, yang berfungsi sebagai klien lainnya.

Ø RPC (Remote Procedure Call )

Remote Procedure Call (RPC) memungkinkan suatu komponen aplikasi pada suatu komputer dapat menggunakan komponen (bisa berupa function) yangdimiliki pada komputer lainnya. Dengan mekanisme seperti ini komponen aplikasi pada suatu komputer tidaklah harus memiliki sendiri keseluruhan fungsionalitasyang dibutuhkan, karena dapat menggunakan fungsionalitas yang dimiliki olehkomponen aplikasi komputer lainya yang digunakan secara Remote. RPC menyembunyikan detail implementasi komunikasi jaringan seperti penentuan protokol komunikasi, port yang digunakan, streaming serta hal-halyang harus dispesifikasikan jika dilakukan pengembangan aplikasi menggunakanlow level Socket / Socket .

Cara Kerja RPC : Tiap prosedur yang dipanggil dalam RPC, maka proses ini harus berkoneksi dengan server remote dengan mengirimkan semua parameter yang dibutuhkan, menunggu balasan dari server dan melakukan proses kemudian selesai. Proses di atas disebut juga dengan stub pada sisi klien. Sedangkan Stub pada sisi server adalah proses menunggu tiap message yang berisi permintaan mengenai prosedur tertentu

Sebagai contoh :

Alternatif lain dari socket adalah dengan menggunakan Remote Procedure Call (RPC), yang mengabstraksi interface komunikasi ke level pemanggilan procedure. Programmer tidak akan menangani socket secara langsung, dan seolah-olah memanggil prosedur lokal, padahal argumen dari prosedur lokal tersebut dipaketkan dan dikirimkan ke tujuan jarak jauh. Tapi RPC tidak bisa langsung dipakai dalam sistem objek terdistribusi. Dalam sistem objek terdistribusi, diperlukan komunikasi antara objek-objek yang ada di level program, yang berada dibanyak tempat. Oleh karena itu, sistem objek terdistribusi memerlukan suatu Remote Method Invocation (RMI). Pada sistem yang memakai RMI, sebuah objek lokal yang dinamakan stub mengurus pemanggilan method pada objek jarak jauh.

Ø Perbedaan RMI dengan RPC

Perbedaan penting antara RMI dan RPC. RMIs yang umumnyamendukung referensi sistem objek selebar expalained atas. Juga, tidak perluhanya memiliki tujuan umum sisi klien dan server-side stub tersedia.Sebaliknya, kita dapat lebih mudah mengakomodasi objek-spesifik bertopik karena kami juga menjelaskan cara biasa untuk memberikan dukungan RMIadalah untuk menentukan interface objek dalam bahasa definisi antarmuka,mirip dengan pendekatan yang diikuti dengan RPC.Sebagai alternatif, kita dapat menggunakan bahasa berbasis obyek seperti java, yang akan menangani generasi rintisan otomatis. Pendekatanmenggunakan definisi antarmuka standar umumnya disebut sebagai RPC. RPCmengharuskan antarmuka dari sebuah objek diketahui ketika aplikasi kliensedang dikembangkan. Hal ini juga menyiratkan bahwa perubahan interface,maka aplikasi klien harus recomplied sebelum dapat menggunakan interface baru.

Sumber :

http://www.scribd.com/doc/76924729/System-Terdistribusi-Berbasis-Objek

http://www.scribd.com/doc/56720991/RPC-RMI

http://fitri-belajarberbagi.blogspot.com/2011/10/remote-methode-invocation.html

http://wartawarga.gunadarma.ac.id/2012/01/rmi-dan-rpc/

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS