TEORI TINGKAH LAKU KONSUMEN
Ø Penyebab konsumen membeli lebih banyak pada harga yang rendah, dan sebaliknya
ØKonsumen menentukan jumlah dan komposisi barang yang dibeli dari pendapatan yang diperoleh
•Pendekatan nilai guna (Utiliti) kardinal
Yaitu kenikmatan konsumen dapat dinyatakan secara kuantitatif
•Pendekatan nilai guna (Utiliti) ordinal
Yaitu kenikmatan konsumen tidak dapat dinyatakan secara kuatitatif
Teori nilai guna (Utiliti)
•Semakin tinggi kepuasan konsumen maka semakin tinggi pula utiliti – nya
•Niali guna ada dua:
1. Nilai guna total
adalah jumlah seluruh kepuasan
2. Nilai guna marginal
adalah pertambahan kepuasan sebagai akibat pertambahan penggunaan satu nilai barang
Hipotesa utama dalam nilai guna
•Hukum nilai guna yang semakin menurun
Cara memaksimumkan nilai guna
•Satu barang yang dikonsumsi
setelah selasai mengkonsumsi maka akan langsung merasa puas
•Banyak barang yang dikonsumsi
- kalau harga barang yang dikonsumsi adalah sama besar, maka konsumen akan konsumsi semua
- kalau barang yang dikonsumsi harganya berbeda, maka konsumen akan mengkonsumsi pada barang yang lebih murah terlebih dahulu
Syarat pemaksimuman nilai guna
Teori nilai guna dan teori permintaan
•Efek pengganti
yaitu jika harga barang A turun dan harga barang yang lain tetap, maka permintaan barang A bertambah. Kalau permintaan bertambah, maka utiliti A bertambah juga
2. Efek pendapatan
Penutunan harga dari barang tertentu menyebabkan konsumen bertambah, keadaan ini mendorong jumlah barang yang dibelinya
Paradoks nilai
•Air adalah barang yang sangat fital dalam kehidupan manusia. Tetapi air harganya murah (ditempat yang makmur) karena biaya yang dibutuhkan rendah
•Berlian adalah barang yang tidak vital dalam kehiduoan manusia. Tetapi berlian harganya mahal karena biaya yang dibutuhkan untuk memproduksinya sangat mahal
Surplus konsumen
•Yaitu kelebihan kepuasan yang dinikmati oleh konsumen
contoh diperkirakan harga durian Rp 15.000
tetapi kenyataanya hanya Rp 10.000
dengan demikian terjadi surplus konsumen sebesar Rp 5000
0 komentar:
Posting Komentar