ARTI SHOLAT ISTIKHOROH

Shalat sunat istikhoroh yaitu sholat sunat untuk memilih atau memohon dipilihkannya salah satu diantara dua hal atau lebih dari yang baik untuk menghilangkan kebimbangan hingga hati menjadi mantap dan tidak ada rasa kecewa dan menyesal dikemudian hari.

Misalnya sebagai contoh :

  • 1. Ada dua jenis pekerjaan yang sama-sama kirta mampu mengerjakannya, tetapi kita ragu dan bingung untuk menentukan pilihan manakah yang cocok bagi kita.
  • 2. Ada dua orang gadis yang sama-sama baik, dan begitu kita cintai (sama-sama cocok bagi kita), tapi kita bingung dan ragu untuk menentukan gadis mana yang patut dijadikan pacar, bahkan sampe berkeinginan untuk mempersuntingnya kelak dikemudian hari agar dapat hidup bahagia dan sejahtera.

Tentunya shalat istikhoroh dilakukan hanyalah untuk memohon sesuatu yang tidak menyimpang dari ketentuan syara’. Jadi harus ada permohonan yang halal dan diperbolehkan. Selain itu, shalat istikhoroh tidak untuk perkara yang wajib atau yang haram tidaklah perlu diistikhorohkan lagi.

Shalat istikhoroh itu banyaknya 2 ( dua )harakat dan boleh kita kerjakan berulang kali bla kita belum mndapatkan petunjuk dari Allah SWT, yang biasa ditunjukkan dengan kemantapan hati atau alamat baik dalam impian atau mimpi ( bunga tidur ).

Shalat istikhoroh boleh dikerjakan pada waktu siang hari , malam hari ataupun tengah malam, intinya shalat istikhoroh bisa dilakukan kapanpun. Tetapi lebih utama dikerjakan sesudah shalat fardhu dan yang lebih utama lagi bila dikerjakan pada waktu sepertiga malam terakhir ( jam 2 sampai 3.30 dini hari ).

Cara shalat istikhoroh itu seperti shalat wajib 5 waktu, baik bacaannya ataupun gerakannya, yang beda hanyalah niat shalatnya.

ushollii sunnatal istikhoorotib rok’ataini lillahi ta’aalaa”

Sedangkan untuk surat yang dibaca pada shalat istikhoroh, terserah yang penting kita hafal itu surat dan fasih untruk mengkajinya.

Setelah selesai mengerjakan shalat istikhoroh hendaknya membaca doa sesudah shalat istikhoroh. Bila tidak hafal ataupun takut salah, maka diperbolehkan bahwa seorang tersebut boleh membaca doa dengan membaca. Begitu indahnya hikmah sholat istikhoroh yang sering Rosulullah amalkan, sehingga kita dianjurkan untuk menjalankannya untuk menentukan pilihan yang begitu memberatkan.

Sumber :

Labib Mz.1992,Pelajaran Sholat Sunnat,Surabaya,”Bintang Usaha Jaya”

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar