HARI KIAMAT ( YAUMUL QIYAMAH )


Tak bisa dipungkiri lagi bahwa hari kiamat besar atau hari dimana semua alam dan seisinya ini akan hancur dan semuanya akan berubah rata dengan tanah pastilah akan datang, tapi untuk waktu kapn terjadinya tidaklah ada satu orangpun yang tahu dengan pasti.

Bahkan kekeasih Allah pun ( Nabi Muhammad ) tidak menetahuinya dengan pasti. Dalam Al-qur’an pada surat AL-QIYAMAH telah disebutkan bahwa Allah bersumpah dengan adanya Hari Kiamat, dan manusia berkata bahwa mereka sangat menyesal akan adanya dating hari kiamat, sedangkan mereka belum cukup untuk mengumpuljan amalnya. Tetapi meskipun begitu manusia tidak ada henti-hentinya utuk melakukan maksiat, baik maksiat kecil ataupun besar.

Pada surat AL-QIYAMAH ini telah dijelaskan tanda datangnya hari kiamat, yaitu antara lain :

* Bulan hilang cahaya, dunia menjadi gelap

* Matahari dan bulan muncul bersamaan

* Sudah tidak adanya suara-suara hewan

* Sudah tidak adanya suara adzan

* Sudah tidak adanya mushola yang digunakan untuk sholat, melainkan untuk maksiat

* Banyaknya bencana alam yang terjadi didunia ini

* Banyaknya perilaku dan gaya hidup perempuan yang meniru gaya laki-laki atau sebaliknya

* Dan lain sebagainya

Kemudian pada surat AL-QIYAMAH disebutkan juga bahwa manusia nantinya akan bertanya “ Kemana mereka akan lari??? Dan jawaban itu adalah tidak ada yang mapu menolongnya, kecuali Allah SWT yang mampu menolongnya, dan hanya pada Allahlah mereka akan kembali. Pada hari itu diberikan pada manusia apa yang telah dikerjakannya dan apa yang telah dilalaikannya. Bahkan manusia menjadi saksi atas dirinya sendiri. Karena pada saat Yaumul Hisab atau hari perhitungan maka tidak aka nada yang bisa ditutup-tutupin dari perbuatan manusia yang terdahlu, bahkan manusia sendiripun tidak dapat menolong dirinya sendiri, karna seluruh anggota tubuh manusia akan meminta pertanggung jawabannya dihadapan Allah SWT.

Manusia diciptakan Allah Tidak dengan Sia-sia

Manusia itu sebenarnya hanyalah setetes air mani yang ditumpahan ke dalam rahi, kemudian air mani itu menjadi sesuatu yang melekat, lalu Allah menciptakannya dan menyempurnakannya.

Lalu Allah menjadikan manusia sepasang laki-laki dan perempuan . tak ada mausia yang tidak berguna, dan tidak ada manusia yang rugi jika manusia itu sendiri pandai bersyukur dan senantiasa petuh dan taat kepada Allah SWT, senantiasa menjalankan perintah-Nya dan menjauhi segala Larangan-Nya

Segala apa yang kita minta pasti diberiNya, tetapi kenapa kita sebagai manusia yang lemah hanya disuruh menjalankan ibadah yang wajib sebagai bukti pengabdian kita terhadap Sang Pencipta terasa enggan dan terasa berat. Subhanallah….

Maka marilah kita tingkatkan iman dan tqwa kita terhadap Tuhan, Allah Yang Maha Kuasa karena bumi ini semakin tua dan semakin hancur. Jika Malikat Isrofil telah diperintahkan untuk menjalankan tugasnya, yaitu meniupkan Terompet jagat, yaitu Terompet sangkakala, maka Na’udzubillahimindhalik..

Hancur sudah dunia ini. Marilah berbondong-bondong untuk mencari ampunan Yang Maha Kuasa, dan banyak-banyaklah bersholawat untuk mendapatkan syafaat dari yang Kekasih Allah Nabi Besar Muhammad SAW.

Sumber :

Al-quran surat AL-QIYAMAh surat ke-75, Makkiyah

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar